Pembuatan Pojok Herbal oleh Mahasiswa PMM-UMM Kelompok 22 Gelombang 2 ,Bersama Sekolah Alam Tunas Ha

Ni Kadek Rimba Astuti 19 Februari 2024 09:52:25 WITA

Dalam upaya meningkatkan sumberdaya alam herbal yang kian minim diketahui masyarakat akan kandungannya, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan Kegiatan Pengabdian oleh Mahasiswa kepada Masyarakat (PMM) dengan tema Bhaktiku Negeri Kelompok 22 Gelombang 2 di Desa Sumberkima, Kabupaten Buleleng, Bali. PMM merupakan salah satu program yang ada dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang dengan Dosen Pembimbing (DPL) yakni Erfan Dani Septia., SP., MP. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan ini diketuai oleh Kholifah Syafira (202210410311270) yang beranggotakan Vigi Sela Ipana (202210410311279), Atiqah Dwi Z.S (202210410311276), Aicha Nur H (202210410311272), Tafa Ulan B. S (202210410311274).

 

Program penanaman pojok herbal merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan oleh Mahasiswa PMM-UMM dengan tujuan untuk melestarikan tanaman herbal. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Sekolah Alam Tunas Harapan yang dilakukan pada Minggu, 28 Januari 2024 di pekarangan rumah pengelola sekolah alam.

Pojok herbal atau yang dikenal sebagai Toga merupakan upaya membudidayakan dengan kegiatan penanaman tanaman herbal pada sebuah lahan untuk melindungi serta memanfaatkan khasiat dari tanaman herbal yang sudah mulai dilupakan masyarakat saat ini. Bapak Made Bangbang Suraguna yang kerap dipanggil pak Bangbang selaku pengelola sekolah alam Tunas Harapan sangat menyetujui dan mendukung pembuatan pojok herbal ini. ‘ini ide yang sangat bagus, kita bisa meminimalisir masyarakat sekarang agar tidak terlalu bergantung dengan obat kimia.’ tutur beliau. Tanaman yang ditanam adalah jahe, kunyit, temulawak, bunga telang, kumis kucing, sereh wangi, sereh dapur, daun sirih. lengkuas, dan binahong.

Proses pembuatan pojok herbal berjalan sangat lancar karena antusiasme siswa/i sekolah alam dan masukan serta bantuan dari penduduk sekitar. Pada pembuatan pojok herbal ini kami juga mengadakan pembelajaran seputar tanaman herbal kepada siswa/i sekolah alam dan Sanggar tari Bhakti Harum yang turut meramaikan kegiatan tersebut.

Kami dari Universitas Muhammadiyah Malang sebagai anggota pengabdian pada masyarakat Kelompok 22 gelombang 2 menyampaikan banyak terima kasih kepada warga Desa Sumberkima yang turut serta dalam melancarkan kegiatan ini, terutama kepada bapak Made Bangbang Suraguna dan bapak Warno yang sangat membantu dan memberikan masukan kepada kami dalam proses pembuatan pojok herbal.

 

 

Komentar atas Pembuatan Pojok Herbal oleh Mahasiswa PMM-UMM Kelompok 22 Gelombang 2 ,Bersama Sekolah Alam Tunas Ha

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sumberkima

tampilkan dalam peta lebih besar