Perayaan Tumpek Uye Dan Upacara Danu Kerthi

Ni Kadek Rimba Astuti 29 Januari 2022 15:09:00 WITA

Sabtu, 29 Januari 2022 bertepatan dengan Hari Raya Tumpek Uye atau Tumpek Kandang telah dilaksanakan kegiatan Upacara Danu Kerthi sebagai Pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali berdasarkan nilai - nilai kearifan lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru sesuai intruksi Gubenur Bali Nomor 01 Tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 Wita bertempat di Pura Desa Sumberkima dan dihadiri oleh Perbekel Desa Sumberkima beserta perangkat Desa, Kelihan Adat Sumberkima beserta prajuru Adat, anggota LPHD, LPM, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas.

Adapun kegiatan tersebut diawali dari Kegiatan Sakala Danu Kerthi yaitu bersih - bersih sampah di areal Pura Desa dan selanjutnya kegiatan Niskala Upacara Danu Kerthi persembahyangan bersama yang dilaksanakan di Pura Desa. Setelah melakukan persembahyangan dilaksanakan pelepasan 50 ekor burung di Pura Desa dan di Pura Puncak Manik Angkeran dan pelepasan ikan mujair di Subak Abian Sumber Sari.

Seluruh rangkaian Kegiatan Hari Raya tumpek Uye atau Tumpek Kandang berjalan dengan baik dan lancar, semua yang hadir tetap menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Komentar atas Perayaan Tumpek Uye Dan Upacara Danu Kerthi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sumberkima

tampilkan dalam peta lebih besar